12 August 2014

Wilayah Barat Jambi Diprediksi Hujan Petir Mon

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Wilayah Jambi bagian barat seperti Muaro Bungo, Merangin dan Kerinci, perlu waspada. Kurnianingsih, Kasi Data dan Informasi BMKG Jambi mengatakan, dari hasil pengamatan BMKG Jambi memprediksi dalam kurun waktu tiga hari ini akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Tak hanya itu, hujan yang turun berekemungkinan disertai petir. Sementara wilayah Jambi bagian timur, lanjut Kurnianingsih dalam tiga hari ini diprediksi bakal cerah.
“Yang perlu di waspadai wilayah Jambi bagian barat, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dalam tiga hari ini,” katanya, Senin, (11/8).

Hujan yang diprediksi bakal turun lebat di wilayah Barat Jambi, dipengaruhi cuaca di sana yang cenderung cerah beberapa hari belakangan ini. “Kalau habis panas, biasanya hujannya lebat,” kata Kurningsih.

Dirinya juga menjelaskan, hujan yang terjadi di wilayah Sumatera juga dipengaruhi nilai Dipole Mode (DM) negatif di Samudera Hindia. Yaitu selisih suhu permukaan air laut di Afrika Timur dan Samudera Hindia. Hal itu menyebabkan adanya penambahan terjadinya hujan. “Indeks nilai dipole mode di Samudera Hindia menunjukkan kisaran negatif, sehingga mengakibatkan penambahan uap air dari Samudera Hindia di wilayah Sumatera,” katanya.

Tak hanya itu, hujan yang terjadi di Jambi beberapa hari ini, juga dipengaruhi oleh suhu muka laut di perairan Indonesia yang menunjukkan suhu muka laut dalam kondisi hangat, sehingga berpotensi pembentukan awan hujan semakin banyak.

http://jambi.tribunnews.com/2014/08/11/wilayah-barat-jambi-diprediksi-hujan-petir-mon
* www.ayojambi.com/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.