14 January 2015

Kecoa Jangan Digencet! Ini Alasannya dan Video Cara Menjebak Kecoa



TRIBUNJAMBI.COM - Kecoa sangat membahayakan kesehatan, ditengarai karena sering berada di tempat-tempat kotor lalu membawa kuman. Ini cara untuk membasminya. Sebuah Video Youtube, tutorial bagaimana cara membuat jebakan kecoa diunggah oleh akun Angga2002 sejak Maret 2014 lalu.
Video ini menunjukkan cara murah dan mudah untuk menjebak kecoa. Cukup dengan bekas air kemasan yang kemudian dibuat untuk menjebak serangga ini.
Cara ini lebih efektif mengingat bila dengan semprotan antiserangga banyak zat kimia yang akan memengaruhi kesehatan manusia juga. Kalau ini setelah kecoa terjebak tinggal buang saja alat beserta kecoa ke tempat sampah. Nah nanti bisa dibuat lagi karena sangat mudah dan sederhana.

Nah cara ini lebih istimewa mengingat beredar kabar bila membunuh kecoa dengan cara menggencet makin berbahaya mengingat isi perut kecoa ditengarai membawa berbagai kuman, bakteri bahkan cacing halus. Tulisan Mustafa Kamal di Kompasiana.com mengupas hal ini. Ia mengutip pernyataan Dr drh Upik Kesumawati Hadi MS, ahli parasitologi dari Departemen Ilmu Penyakit Hewan Institut Pertanian Bogor kenapa membunuh kecoa dengan menggencet tubuh kecoa justru merugikan. Upik mengatakan kecoa memiliki sifat grooming (membersihkan diri).

Ketika habis melewati tempat-tempat kotor, dia akan menjilat-njilati tubuhnya. Bisa saja telur cacing yang menempel masuk ke dalam tubuhnya masuk kemudian menetas di perutnya.Begitu juga dengan kecoa yang tergencet tidak hanya mengeluarkan cacing atau telur cacing saja, melainkan juga kuman dan bakteri yang banyak beredar di tempat tinggalnya.

Namun Dr. Upik tersebut meminta masyarakat jangan terlalu khawatir berlebihan sebab infeksi cacing lebih banyak dilakukan lewat makanan dan tangan yang tak dijaga kebersihannya, bukan lewat kecoa secara langsung. Sedang jenis cacing nya adalah antara lain cacing-cacing pencernaan pada manusia apabila kecoa habis melewati septic tank. Adapun jenis cacing pencernaan adalah cacing kremi, cacing perut, cacing tambang dan sebagainya. Sedang cacing yang katanya bisa masuk ke pori-pori mungkin seperti cacing di tanah yang biasanya pada anak-anak kalau suka bermain di luar nggak pakai sandal bisa masuk, misalnya jenis Ancylostoma,” terang dr Upik.

Namun seperti penjelasan dr Upik bahwa kabar mengenai cacing dalam perut kecoa ini masih perlu diteliti lagi keabsahannya. Kalaupun masyarakat masih khawatir maka untuk mengatasi infeksi cacing, meminum obat cacing sudah cukup membasmi cacing di dalam tubuh.

http://jambi.tribunnews.com/2015/01/13/kecoa-jangan-digencet-ini-alasannya-dan-video-cara-menjebak-kecoa
* www.ayojambi.com/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.