03 January 2014

Ribuan Umat Khonghucu Syukuran Agar Jambi Tetap Aman

JAMBI – Hujan yang turun sejak dini hari, tidak menjadi penghalang bagi Ribuan Umat Khonghucu Kota Jambi datang ke Kelenteng MAKIN Gi Hong Tong yang beralamat di Jalan M. Yamin, Lorong Teratai Rt. 14, Kelurahan Payolebar Kecamatam Jelutung, kedatangan ribuan umat Khonghucu secara bergantian untuk mengikuti prosesi perayaan ulang tahun (sejit) Shen Ming Un Cu Sam Tai 恩主三代 (3/1).
Alunan genderang diikuti bunyi-bunyian dari kenong dan simbal kecil mengiringi umat mengawali prosesi sembahyang yang dipandu oleh Lim Tek Chong Taoshe yang sengaja diundang dari Tiongkok, selain perayaan sejit Un Cu Sam Tai 恩主三代 umat Khonghucu juga melakukan doa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Tak lupa harapan dan doa untuk keberhasilan di tahun baru juga dipanjatkan pengunjung datang silih berganti. Mereka mulai berdatangan sekitar pukul 10.00.

Hio (Gaharu) yang menyala dan mengeluarkan aroma yang harum tergenggam di jari umat. Berbagai jenis makanan tertata rapi di meja besar di tengah ruangan yang didominasi warna merah ditunjang empat pilar besar dilingkari oleh sang naga emas.

Tahap awal dilakukan di depan altar Tie Kong dengan pembacaan So Bun atau sejenis surat pemberitahuan kepada Tuhan bahwa pada hari tersebut dilakukan upacara dan sembahyang ulang tahun Un Cu Sam Tai.

berbagai persembahan berupa daging dan ikan yang telah dimasak, serta sejumlah jenis kue dan roti. Umat mempersembahkan sesajian kepada Tuhan sambil memohon agar senantiasa melindungi bangsa dan tanah air Indonesia, serta menjauhkan malapetaka bencana, memberikan kesejahteraan dan kesehatan, murah rezeki, kerukunan dalam keluarga, dan lainnya.

Sehari sebelumnya, Kelenteng Makin Gi Hong Tong melakukan pengisihan roh (Kai Kuang/ 開光) Men Shen (門神), dilanjut sembahyang persembahan sajian mentah mesti dilakukan sebelum upacara sembahyang she jit.

Salah satu sesajen yang dipersembahkan umat Khonghucu dalam menyambut perayaan she jit shen ming adalah daging babi. Daging babi menjadi persembahan utama dalam perayaan ulang tahun shen ming Sam Tai Kong (Un Chu Sam Tai) di Kelenteng Makin Gi Hong Tong.

Tanpa daging babi, ikan, ayam dan bebek maka persembahan terasa kurang meskipun sudah dilengkapi dengan sesaji lainnya. “Utamanya adalah daging babi. Kita pun harus melakukan sembahyang mentah khusus mempersembahkan daging babi ini,” ujar Alek Suyanto, ketua Kelenteng Makin Gi Hong Tong yang juga wakil ketua Matakin Provinsi Jambi ditemui di sela-sela kesibukannya, kemarin (2/1).


Menurutnya, sembahyang ini juga bertujuan untuk memohon kepada Tuhan dan dewa- dewa agar tahun 2014 ini Jambi diberikan keamanan dan terhindar dari berbagai macam kerusuhan maupun bencana, dan juga diberikan kemakmuran kepada seluruh masyarakatnya.

Yanti, salah satu seorang umat Khonghucu yang datang ke Kelenteng Gi Hong Tong mengatakan, ia dan keluarganya bersyukur selama tahun 2013 diberikan kesehatan dan usaha yang lancar. "Kita berharap di tahun baru ini bisa lebih lancar berusaha dan diberikan kesehatan," ujarnya.

Tampak hadir dalam sejit Un Cu Sam Tai adalah Pengurus Matakin Provinsi Jambi dan Kota Jambi, Wakil Makin Leng Chun Keng, Herison (Lim Yong Siang), Makin Lam Po Tong, Chu Harto, Makin Sai Che Tien, Tetro Handoko, Makin Huat Chu Kong, Ati, Makin Leng San Keng Kuala Tungkal dan Perwakilan Perkhin Provinsi dan dan Tanjung Jabung Barat. Selain itu acara she jit Un Cu Sam Tai juga dihadiri pengusaha muda diantaranya PT Rudy Agung Laksana (Rudy Lidra), PT. Naga Cipta Central (Robin) serta ketua Perkumpulan Hok Liong Sai (Chen He Siang) dan Ketua Harian Pengprov Pexi Jambi (Mulyadi), Pengurus Perkumpulan Anke (Tan Ka Sui dan Tan Edyson (Romy)  
* www.ayojambi.com/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.