01 January 2015

Umat Khonghucu Sembahyang Syukuran dan Doa Untuk Korban Pesawat AirAsia

JAMBI, ayojambi.com - Ratusan Umat Khonghucu di Jambi merayakan pergantian tahun dengan sembahyang di kelenteng-kelenteng, terutama di kelenteng Siu San Teng yang beralamat di Kampung Manggis, Kamis (1/1-2015)[Lihat Gambar: Sembahyang].
Aroma Hio (gaharu) yang harum tergenggam di jari mereka serta berbagai jenis makanan tertata rapi di meja besar di tengah ruangan yang didominasi warna merah ditunjang empat pilar besar dilingkari oleh sang naga emas.

Dengan ucapan doa syukur (Sia Kang/谢港) kepada Tuhan Yang Maha Esa (tie kong) dan para dewa-dewi, ratusan umat Khonghucu silih berganti berdoa untuk keberhasilan di tahun yang baru dilalui dan harapan lebih baik di tahun 2015.

Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa mengawali sembahyang mereka, selanjutnya umat masuk ke dalam kelenteng dan memberikan penghormatan kepada Hu Te Chen Sen 福德正神 (yang dikenal dengan panggilan Dewa Bumi/ Tua Pek Kong) dan umat Khonghucu Jambi juga berdoa untuk korban Pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak Minggu pagi lalu dalam perjalanan dari Surabaya menuju Singapura, “Kita doakan agar para korban pesawat AirAsia segera dapat ditemukan, ujar katua panitia ritual, Hanselin Lawin.

Sebagaimana diketahui disetiap awal tahun baru, bagi masyarakat Tionghoa yang khusus pemeluk agama Khonghucu senantiasa mengunjungi tempat-tempat ibadah kelenteng untuk melakukan sembahyang, umat Khonghucu terdiri dari yang tua sampai yang muda dengan kusuk berdoa dihadapan altar Tian (Tuhan YME), selain itu mereka juga puji dan syukur kepada Sang Pencipta Alam Semesta beserta para sen ming (roh suci).

Maka tidak heran apabila sejak pukul 07.00 umat Khonghucu telah mendatangi kelenteng Siu San Teng. Sia Kang merupakan salah satu tradisi yang setiap tahun diperingati oleh masyarakat yang beragama Khunghucu di awal tahun, tujuan Sia Kang adalah untuk menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih atas segala berkah yang diberikan Tian (Tuhan YME) kepada mereka. (Romy)
* www.ayojambi.com/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.